Halaman

Ayam Goreng Kriuk Kriuk

Berikut bahan cara pembuatannya:

Bahan :
1,5 kg Ayam potong menjadi 12 potong
5 siung bawang putih
2 sachet Lada halus
1 bungkus garam halus
Penyedap rasa (sasa) secukupnya
2 bungkus royko
3 kg Terigu segitiga biru
1 sendok makan baking powder

Alat−alat :
Kompor gas dengan api yang cukup besar
Wajan besar
Pisau
Talenan
Waskom 3 buah
Cobek untuk menghaluskan bumbu

Siapkan rendaman ayam dan 2 jenis bahan adonan, yaitu:
1. Bahan Rendaman Ayam berupa bawang putih, garam dan lada, dihaluskan campur dengan air dan masukan penyedap rasa (sasa) secukupnya. Rendam ayam selama 2 jam agar bumbu meresap.

2. Bahan Adonan Kering (tepung bumbu). Masukan 3 kg tepung terigu kedalam wajan besar, campur dengan gram, royko (2 bungkus), penyedap rasa (sasa) secukupnya, lada halus dan baking powder (1 sendok makan)

3. Bahan Adonan Basah (butter mix). Ambil bahan adonan kering yang telah diberi bumbu secukupnya untuk membuat adonan basah (butter mix). Masukkan 2 butir telur campur dengan air hingga mengental.

Cara Pembuatan :
− Ayam yang telah direndam tiriskan, kemudian masukkan ke dalam adonan basah (butter mix), angkat celupkan kedalam tepung bumbu kering. Tutupi dengan tepung, lalu tekan−tekan agar tepung terigu menempel pada ayam.
− Pastikan suhu minyak pada saat memulai menggoreang mencapai 150 derajat Celcius. Jika sudah masukan ayam yang telah ditutupi tepung.
− Goreng selama 15 menit, jika sudah kecoklatan angkat dan tiriskan
− Ayam goreng kriuk siap dinikmati.

Tips :
Kunci keberhasilan dalam membuat ayam goreng kriuk yang enak dan renyah terletak pada suhu minyak goreng pada saat memulai menggoreng dan suhu yang stabil pada saat ayam digoreng. Suhu pada saat memulai menggoreng adalah 150 derajat Celcius (gunakan termometer khusus untuk memasak) sehingga ayam tidak mudah gosong jika minyak terlalu panas.

Lama menggoreng sekitar 15 menit dengan suhu stabil 100 derajat celcius sampai 110 derajat celcius pada saat ayam digoreng. Sehingga menghasilkan ayam goreng yang enak, renyah, serta matang luar dan dalam. Tertarik?? selamat mencoba.....!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas atensi anda.

Arti Nama

Jenengku 石川 Ishikawa (stone river) 利津 Ritsu (beneficial haven).
Temokno jeneng jepangmu!
Created with Rum and Monkey's Name Generator Generator.