Halaman

Wow, Laser AS Sebesar 3 Lapangan Bola!

INILAH.COM, Jakarta - Peneliti di Laboratorium Nasional Lawrence Livermore California mencari energi yang tak terbatas dari fusi nuklir. Untuk mewujudkan energi tanpa batas itu, dibutuhkan laser raksasa yang terdiri dari 192 laser besar dan mempunyai ukuran tiga lapangan sepakbola.

Pada 27 Maret 2009 laser yang bertempat di National Igniton Facility (NIF) tersebut sudah disertifikasi untuk dioperasikan oleh Departemen Energi Amerika.

Nantinya ketika sudah beroperasi pada 2010, laser tersebut akan mengantarkan energi 60 kali lebih besar dibandingkan laser-laser sebelumnya. Dan ketika 192 laser tersebut mengarahkan sinarnya ke gas hidrogen seukuran bola kecil akan menghasilan 2 juta joules bagian cairan.

Hasil tersebut meningkatkan kemungkinan untuk proses fusi energi atau membakar inti atom dari bahan bakar hidrogen dan menghasilkan reaksi thermonuklir. Jika eksperimen ini berhasil, ilmuwan memperkirakan akan terjadi ledakan seperti matahari mini dalam bola hidrogen. Energi yang dihasilkan akan lebih besar dari energi gabungan 192 laser dengan kapasitas maksimum.

Sukses atau tidaknya penemuan spektakuler ini adalah bagian dari potensi jangka panjang penggunaan sumber energi fusi nuklir yang aman dan secara virtual tidak akan habis.[ito]
Arif Wiwoho

1 komentar:

  1. apa bener yah? soalnya banyak kejadian yang di buat2 sama pihak amerika

    BalasHapus

Terima Kasih atas atensi anda.

Arti Nama

Jenengku 石川 Ishikawa (stone river) 利津 Ritsu (beneficial haven).
Temokno jeneng jepangmu!
Created with Rum and Monkey's Name Generator Generator.