Halaman

Awali dan Akhiri dengan Ikhlas

Setiap amal hendaknya melalui lima tahapan, diantaranya adalah :

1. Ikhlas. Sebelum melakukan amalan itu, ikhlaskan dulu niat , karena amal yang dibangun ditentukan berdasarkan niatannya. Niat yang lurus, bersih merupakan landasan amal yang sempurna, serta pastikan bahwa cara kita pun benar sesuai dengan sunnah dan syari'at Alloh. Insya Alloh amalan kita tidak akan sia-sia.

2. Ikhtiar. Usaha yang sungguh-sungguh dengan itqon ( profesional dan proporsional ) adalah menuju pada sempurnanya dan keberhasilan amal. Merupakan sunnatullah bahwa segala sesuatu itu ada sebab dan akibat. Maka dengan sebab amal yang itqon yaitu menyempurnakan amal akan mengakitbatkan suksesnya amalan tersebut.

3. Tawaqqal. Setelah kita sempurnakan suatu amalan dan sudah selesai kita kerjakan maka tahap selanjutnya hanyalah menerima keputusan dari Alloh, keputusan yang ditentukan oleh Alloh saja. Apakah sesuai dengan harapan kita ataukah tidak. Bergantung pada Alloh. Menyerahkan semua keputusan kepada Alloh adalah puncak dari Amal.

4. Qo'naah. Menerima dengan penuh rasa syukur ketika menerima keputusan dari Alloh swt atas segala amal dan hasil yang kita peroleh.

5. Ikhlas. Semua rangkaian amal sudah dilalui sekarang kembalikan hati kepada posisi semula, sebelum amal itu kita lakukan yaitu ikhlas, dengan melupakan segala jerih payah, duka, kesulitan, tantangan dan lain sebagainya yang akan membuat kita merasa amalan itu atas usaha kita sendiri. Bukan... semua itu adalah karena Alloh. Laa khaula walaa quwwata illa billah.

Kemudian kita telah siap untuk amalan berikutnya....."Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain (7) dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap (8) " (QS. Alam Nasyrah:7-8)

pengembara_abadi

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas atensi anda.

Arti Nama

Jenengku 石川 Ishikawa (stone river) 利津 Ritsu (beneficial haven).
Temokno jeneng jepangmu!
Created with Rum and Monkey's Name Generator Generator.